Pertemuan 11 : RGB LED

 

 MODUL PRAKTIKUM 2
INTERNET OF THINGS

 

“RGB LED (RED GREEN BLUE)”

 

 


 

 

 

 

Oleh :
Rahmah Sa’adah
1901301099

 

 

Dosen Pengampu:

Hendrik Setyo Utomo, ST.MMSI

 

 

 

 

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
2021

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan modul ini yang berjudul RGB (Red Green Bule)”. Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan modul ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, Untuk itu dalam kesempatan ini penyusun menghaturkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan modul ini. Pada proses penulisan modul ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan, saran dan usul guna penyempurnaan modul ini.

Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

 

 

Pelaihari, 22 September 2021

 

 

 

Penulis

 


 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR.. ii

DAFTAR ISI. iii

BAB I TINJAUAN PUSTAKA.. 1

1.1        Pengertian LED RGB.. 1

BAB II HASIL PRAKTIKUM... 2

DAFTAR PUSTAKA.. 10

 

 

 


 


BAB I
TINJAUAN PUSTAKA

1.1    Pengertian LED RGB

LED RGB adalah sebuah LED yang dapat mengeluarkan perpaduan warna red(merah), green(hijau), dan blue(biru). LED ini seperti LED biasa memiliki anoda dan katoda hanya saja terdapat 3 anoda pada LED ini mewakili warna red, green, dan blue. Tegangan yang dikeluarkan pada anoda-anoda inilah yang akan mempengaruhi warna nyala dari LED RGB. LED rgb termasuk ke dalam integrated output dan dapat digunakan dengan mengendalikan LED red, green, blue, dan pin com yang dihubungkan ke gnd Arduino.

Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

RGB merupakan model warna yang bergantung kepada peranti: peranti yang berbeda akan mengenali atau menghasilkan nilai RGB yang berbeda, karena elemen warna (seperti fosfor atau pewarna) bervariasi dari satu pabrik ke pabrik, bahkan pada satu peranti setelah waktu yang lama.

Model warna ini merupakan model warna yang paling sering dipakai. Contoh alat yang memakai mode warna ini yaitu TVkamerapemindaikomputer, dan kamera digital.

Kelebihan model warna ini adalah gambar mudah disalin / dipindah ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena cukup banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan pencetak (printer), karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu.

RGB merupakan model warna aditif, yaitu ketiga berkas cahaya yang ditambahkan bersama-sama, dengan menambahkan panjang gelombang, untuk membuat spektrum warna akhir.

 

BAB II
HASIL PRAKTIKUM

Buka tinkercad.com, kemudian pilih menu Circuits dan pilih Create New Circuit.



Tambahkan Breadboard Small.



Tambahkan Arduino Uno R3.



Tambahkan LED RGB dan letakkan di Breadboard Small.



Sambungkan antara LED RGB dengan Arduino GND pada Breadboard menggunakan warna hitam.



Tambahkan resistor dan ubah resistance menjadi 220 ohm.



Cari rgb code arduino di google untuk kita gunakan.



Pilih salah satu situs dibawah ini.



Copy code tersebut.



Kemudian buka kembali project kita, dan pilih menu code à text.



Paste code yang sudah kita copy dari google tadi.



Tambahkan 2 resistor dengan resistance 220 ohm. Sambungkan resistor dengan arduino sesuai code yang kita copy tadi, yaitu 11 warna merah, 10 warna hijau dan 9 warna biru.



Mulai simulasi maka warna LED akan berubah-ubah.

 


 


 

 

 

 

 

 

 


 

DAFTAR PUSTAKA

Charles A. Poynton (2003). Digital Video and HDTV: Algorithms and Interfaces. Morgan Kaufmann. ISBN 1-55860-792-7.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 15 : NodeMCU

Pertemuan 16 : Cloud Service dan NodeMCU

Pertemuan 13 : LCD